6 Cara Meningkatkan Saluran Pencernaan

Tulisan ringan ini ala sekedarnya saja dari riset pustaka di otak saya serta rangkuman seorang bijak India yakni Deepak Chopra (Mungkin Saudaranya Shah Rukh Khan, Hehehe....). Sebagai seorang Biologiwan, dalam memahami benar bahwa pertahanan utama dalam tubuh kita adalah saluran pencernaan yang panjangnya 6 kali lipat dari tinggi tubuh. Kalau tinggi saya 178 cm berarti 178 x 6 = 1.068 cm alias 10 meter lebih. Busyet... Panjang banget saluran pencernaan saya padahal rumah saya panjangnya sekitar 7 meter.... Hahaha...



Oke lanjut ke topik inti. Dalam ilmu Ayurveda yakni ilmu kesehatan kuno orang India yang sudah berusia 3.000 tahun.Wow. Untuk meningkatkan kekuatan pencernaan kita yang jelas pola makan kita kudu benar. Selanjutnya apa saja sih saran dari ilmu kuno tersebut? 

  1. Meditasi. Meditasi ini dilakukan secara rutin untuk mengembalikan homeostatis atau keseimbangan tubuh termasuk mengontrol saluran pencernaan. Bagi kaum muslim usai sholat bisa melalui dzikir. Tujuan meditasi ini sebenarnya untuk berbicara dengan pesan hati kita dengan tingkat kesadaran penuh. Meditasi ndak harus duduk dengan gaya yang kaku, bisa juga dengan tiduran atau dengan duduk rileks.
  2. Hidup Aktif. Lakukan hidup yang sehat setidaknya dengan berjalan 15 - 45 menit di pagi hari atau dengan olah raga ringan lainnya agar bisa mengontrol kadar gula tubuh kita.
  3. Jangan Makan berlebih. Wah... ini nih yang kadang khilaf, hehehe... Saat kita kelebihan makanan, maka makanan akan sulit terurai. Akibatnya lambung akan mengeluarkan asam berlebih. Karena banyaknya makanan yang tak tercerna, maka akan menyebabkan produksi gas serta mengakibatkan penggumpalan di saluran cerna. Waduh.... Ngeri juga nih... Bahkan Nabi Muhammad juga pernah mengatakan “...hendaknya sepertiga perut itu untuk makanan, sepertiga yang lain untuk minuman dan sepertiga terakhir untuk nafas”. Alright... Saatnya mengubah kebiasaan jelek ini.
  4. Konsumsi Jahe. Ramuan tradisional ini mantab juga. Jahe mampu menenangkan saluran pencernaan. Sip... Habis ini borong jahe. Ingat jahe yang segar loh ya...
  5. Makan Porsi Besar Hanya Siang Hari. Pencernaan kita mampu mengurai makanan secara maksimal di saat siang hari. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan kita mampu mengeluarkan enzim pencernaan dalam jumlah besar pada saat siang hari. So, porsi besar sebaiknya dihindari saat sarapan dan makan malam. Saya jadi inget program diet Herbalife yang menganjurkan saya hanya makan porsi besar di siang hari. Alhasil saya berhasil turun 16 Kg dalam 2,5 bulan.
  6. Buang Perasaan Negatif. Yup... Secara hormonal, saat kita penuh dengan perasaan negatif entah itu marah, jengkel, dendam, galau, dan kawan-kawannya maka tubuh akan mengeluarkan hormon beracun nomor dua setelah bisa ular yakni noradrenalin. Akibatnya tidak hanya mempengaruhi pencernaan saja malah akan mempengaruhi ke organ yang lain. Jadi... yang sering galau hati-hati yaa... Hehehe...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »